TOKO PLASTIK PERTANIAN

Polybag, Paranet (Shade Net), Mulsa Plastik, Plastik UV Greenhouse, Insect Net, Insect Screen, Karung Beras, Karung Laminasi, Karung Putih Polos, Karung Transparan, Karung Roll, Terpal Plastik, Geomembran, Selang Plastik, Tali Salaran, Plastik Sungkup, Polynet (Safety Net), Kantong Sampah, dll.


Untuk pemesanan produk hubungi kami:
• SMS/Call/WA: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 0812.3258.4950
• Phone/Fax:031-8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

Budidaya Kacang Kedelai Potensi Maksimal

Budidaya Kacang Kedelai Potensi Maksimal - Hallo sahabat Toko Pertanian dan Perkebunan, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Budidaya Kacang Kedelai Potensi Maksimal, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Budidaya Kacang Kedelai Potensi Maksimal
link : Budidaya Kacang Kedelai Potensi Maksimal

Baca juga


Budidaya Kacang Kedelai Potensi Maksimal


Pertanian Indonesia - Cara yang tepat dan cepat kita pelajari di sini, mungkin ini adalah salah satu tutorial yang bisa membantu buat anda. Di sektor pertanian saat ini kedelai di golong sulit di budidayakan mungkin dengan faktor habitatnya karna kedeli bukan tanaman asli dari indonesia jadi kurang cocok tetapi tidak menutup kemungkinan tanaman ini bisa di budidayakan di indonesia karena sudah banyak petani yang membudidayakan nya saat ini bisa anda langsung coba di lapangan mudah - mudahan cara ini bisa membantu anda dalam pengerjaan nya. Tutorial yang lengkap mudah - mudahan anda sabar membacanya karena sangat panjang artikelnya. Kita langsung bahas saja dibawah.

Syarat tumbuh
Tanaman kedelai sangat mudah di budidayakan namun tanman ini tergolong sangat manda dan butuh perhatian yang sangat mendalam maka perhatikan. Tanaman kedelai  merupakan tanaman semusim yang dapat tumbuh baik pada berbagai jenis tanah di indonesia dengan syarat drainase tanah cukup baik serta ketersediaan air cukup selama pertumbuhan tanaman mulai dari vegetatif sampai generatif tanama.

Tanaman kedelai dapat tumbuh dengan baik pada jenis tanah alluvial, regosol, grumosol, latosol, atau andosol. Pertumbuhan tanaman kedelai kurang baik pada tanah pasir, dan pH tanah yang baik untuk pertumbuhan kedelai adalah 6-6,5.

Benih
Penggunaan benih kedelai bermutu merupakan kunci utama dari berbudidaya, dalam memperoleh hasil yang tinggi dan kualitas yang baik halnya dengan benih yang varietas yang baik pula, maka pemilihan bemih hampir mempengaruhu hingga 40  % dari keberhasilan berbudidaya. Agar diperoleh tanaman yang seragam dengan populasi optimal serta penghasil yang lebih tinggi harus menggunakan benih yang bermutu tinggi berikut di bawah ini Sifat-sifat benih kedelai yang bermutu tinggi adalah sebagai berikut :

Mempunyai daya kecambah tinggi yaitu 80%
Mempunyai vigor yang baik(benih tumbuh serentak cepat dan sehat)
Murni, bersih, sehat, bernas, tidak keriput, atau luka bekas serangga atau dari penyakit

Benih baru
Pengolahan tanah

Sebuah pengolahan bertujuan agar tanaman yang akan di tanam sesegera mungkin dapat tumbuh dalam pengolahan tanah dari suatu lahan.

Kedelai sangat peka terhadap kandungan air ketinggian suatu daerah bisa berpengaruh pada air sehingga harus memperhatikan daerah tanam dan macam lahan yang di tanam. Pengolahan tanah sebelum tanam kedelai dapat dilakukan, tergantung dari tipe lahan, kandungan air tanah, untuk lahan kering dengan keadaan areal tanpa pengairan di musim kemarau yang terik harus diadakan pengolahan tanah.

Tanah tegalan yang bertekstur berat pada awal musim penghujan seperti grumosol pengolahan tanah harus dilakukan. Untuk lahan kering dengan tanah podsolik pengolahan tanah tidak boleh sering dilakukan.  Lahan tanah bekas tanaman padi tidak perlu melakukan pengolahan tanah.

Kemasaman tanah atau ph tanah dapat ditanggulangi dengan pemberian kapur dolomit atau sering di bilang kapur dolomit sehingga kejenuhan alluminium dapat diturunkan, pH tanah dapat dinaikkkan atau di turunkan dengan kata lain tanah bisa di netralisir dengan di berikan kapur  dan ini erat kaitannya dengan tingkat efisiensi tanah pada serapan hara oleh tanaman kacang kedelai.

Di bawah ini faktor - faktor untuk tanah untuk tanaman kacang kedelai :
Macam dan kualitas bahan kapur
Kehalusan bahan kapur biasanya terdapat kandungan mineral di dalam kapur
Waktu dan cara pemberian kapur.

Tinggi rendahnya tempat suatu tanaman yang di usahakan sangat erat hubungannya dengan proses metabolisme tanah. Kedelai dapat tumbuh baik sampai ketinggian 1500 m (dpl) tetapi yang paling baik sampai 650 m dpl, karena berpengaruh terhadap umur tanaman. Untuk dataran tinggi umur tanaman kedelai menjadi semakin panjang. Tersedianya air pada tanah selama pertumbuhan tanaman sangat menentukan daya hasil kedelai. Tanaman kedelai tidak akan berbunga bila lama penyinaran melampaui batas kritis karena kedelai merupakan tanaman hari pendek jadi berikut adalah penjelasan agar bisa di lakukan dengan benar.

Waktu tanam
Waktu tanam yang tepat untuk masing-masing daerah amat penting kita perhatikan,karna berhubungan erat dengan tersedianya air untuk pertumbuhan dan menghindari resiko kebanjiran terutama pada saat tanaman masih muda (pertumbuhan vegetatif) selain itu juga untuk menekan atau menghindari berkembangnya populasi hama atau penyakit. waktu tanam yang tepat sangat berbeda untuk satu daerah dengan daerah lain hal ini wajar terjadi maka cermatilah waktu ketika menanam kacang kedelai.

Penanaman
Setelah bibit dan pengolahan lahan kita lanjut ke penanaman pada saat tanam tiba, hendaknya tanah cukup lembab dan gembur agar benih cepat tumbuh karena dengan tanah yang bertekstur gembur dan lembab ketika pertumbuhan akar udara atau oksigen dapet masuk ke dalam tanah dengan semestinya. Selanjutnya untuk cara penanaman dapat berbeda beda tergantung dari alat yang digunakan, kita perhatikan hal di bawah ketika penanaman yang tertuju dari pedoman:
- Jarak tanam harus teratur agar ruang tumbuh tanaman seragam sehingga memudahkan pemeliharaan.
- Dalamnya penanaman. Benih kedelai ditanam sedalam kurang lebih  2-4cm agar dapat cepat berkecambah dan tanaman dapat tumbuh kokoh.

Catatan :
Jarak tanam yang terlalu sempit akan mempengaruhi intensitas cahaya matahari yang masuk ke dalam tanaman apabila hal ini terjadi jarak tanam yang sempit akan memudahkan hama penyakit mudah datang serta akan timbul persaingan dalam penyerapan unsur hara yang terdapat di dalam tanah.


Demikianlah Artikel Budidaya Kacang Kedelai Potensi Maksimal

Sekianlah artikel Budidaya Kacang Kedelai Potensi Maksimal kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Budidaya Kacang Kedelai Potensi Maksimal dengan alamat link https://www.limco.net/2016/08/budidaya-kacang-kedelai-potensi-maksimal.html

0 Response to "Budidaya Kacang Kedelai Potensi Maksimal"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.