TOKO PLASTIK PERTANIAN

Polybag, Paranet (Shade Net), Mulsa Plastik, Plastik UV Greenhouse, Insect Net, Insect Screen, Karung Beras, Karung Laminasi, Karung Putih Polos, Karung Transparan, Karung Roll, Terpal Plastik, Geomembran, Selang Plastik, Tali Salaran, Plastik Sungkup, Polynet (Safety Net), Kantong Sampah, dll.


Untuk pemesanan produk hubungi kami:
• SMS/Call/WA: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 0812.3258.4950
• Phone/Fax:031-8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

Berbagai Hama Bakteri dan Virus Pada Tanaman

Berbagai Hama Bakteri dan Virus Pada Tanaman - Hallo sahabat Toko Pertanian dan Perkebunan, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Berbagai Hama Bakteri dan Virus Pada Tanaman, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Berbagai Hama Bakteri dan Virus Pada Tanaman
link : Berbagai Hama Bakteri dan Virus Pada Tanaman

Baca juga


Berbagai Hama Bakteri dan Virus Pada Tanaman


A). Penyakit Tanaman Disebabkan Bakteri
1). Layu pada Tanaman Nilam.
Bakteri yang menyebabkan penyakit layu ini biasanya menyerang tanaman nilam Penyakit ini biasanya disebabkan oleh bakteri Ralstonia solanacearum yang bisa menurunkan produksi pohon nilam sampai 60%. Gejala awal yang ditimbulkan oleh serangan bakteri penyakit ini berupa sebagian daun pada pucuk layu yang kemudian diikuti oleh daun-daun yang lain. Setelah nampak gejala terus berlanjut dengan intensitas serangan sampai di atas 50%, pohon akan mati dalam waktu kurang lebih 7 hari.

2) Hawar Daun pada Tanaman Padi
Bakteri penyakit ini biasanya menyerang tanaman padi. Penyakit ini menyerang pada bagian daun padi. Penyakit ini disebabkan oleh bakteri yang dikenal dengan nama Xanthomonas oryzae. Gangguan yang ditimbulkan sangatlah nyata, menurunnya produksi sampai 50%. Serangan penyakit ini dimulai dengan gejala bercak kuning sampai putih berawal terbentuknya garis lebam berair pada bagian tepi helaian daun. Bercak dimulai dari salah satu atau kedua tepi helaia daun, atau pada tiap bagian helaian daun yang rusak dan berkembang hingga menutupi seluruh bagian helaian daun.


3). Layu pada Cabai
Penyebab layu ini adalah Pseudomonas solanacearum yang serangannya ditandai dengan gejala layu pada tanaman cabe yang mengalami kesembuhan pada waktu sore hari, tetapi lama kelamaan kelayuannya terjadi secara keseluruhan dan menetap. Bakteri ini menyerang hamper seluruh bagian tanaman cabai. Intensitas serangan ditimbulkan bervariasi.

# Baca juga Plastik UV Greenhouse dan Manfaatnya

4). Bakteri Nematoda
Penyakit ini muncul dikarenakan oleh bakteri Nematoda rhadinaphelenchus cocophilus. Penyakit yang ditimbulkan oleh Bakteri ini mengganggu tanaman kelapa. Daun baru yang akan membuka menjadi tergulung dan tumbuh tegak akibat daris erangan bakteri ini, daun berubah menjadi kuning kemudian mongering, tandan bunga membusuk dan tidak membuka sehingga tidak menghasilkan buah, pengendaliannya meracuni pohon yang terserang dengan natrium arsenit dan setelah mati / kering segera dibongkar untuk menghilangkan sumber infeksi.

B). Penyakit Tanaman Disebabkan Virus
1). Virus Belang
Virus belang dapat menyerang pada tanaman kacang tanah. Akibat serangan penyakit virus belang ini tanaman kacang tanah akan kehlangan hasil berkisar 10 -60% bergantung pada jenis kacang tanah. Gangguan yang timbul akibat serangan oleh virus belang disebabkan oleh virus yang diidentifikasi sebagai virus Belang Kacang Tanah atau Groundnut Mottle Virus. Gejala yang tampak di lapangan adalah gejala  berwama hijau tua belang disekeliling daerah yang lebih terang atau hijau kekuning-kuningan. Biasaya gejala yang tampak yaitu pada daun muda terlihat adanya bintik- bintik klorotik yang selanjutnya berkembang menjadi belang-belang melingkar. a terdapat pada lembaga biji tanaman sakit.

2). Virus Tungro
Penykit ini menyerang pada padi tepatnya pada bagian daun padi. Tinggi serangan sangat bergantung pada tingkat ketahanan varietas padi dan umur tanaman pada saat terinfeksi. Warna pada daun muda akan berubah waran menjadi kuning oranye dimulai dari ujung daun dikarenakan serangan virus ini, jumlah anakan berkurang, tanaman kerdil dan pertumbuhannya terhambat. Tanda penyakit ini tersebar berkelompok, hamparan tanaman padi terlihat seperti bergelombang karena adanya perbedaan tinggi tanaman antara tanaman sehat dan yang terinfeksi.

# Jangan lewatkan Manfaat Paranet/Shading net

3).  Virus Citru vein Phloem Degeneration Belang – Belang pada tanaman jeruk.
Penyebabnya adalah virus CVPD (Citru vein Phloem Degeneration). Yang diserang bagian batang, daun, dan buah. Gejalanya ditandai dengan menguning daun dan berbelang-belang, tulang-tulang daunnya seperti jala. Virus ini merang pembuluh tapis jeruk, kuncup daun jeruk bewarna kuning.

4). Virus Tobacco Mosaic pada Tembakau
Virus yang menyerang tanaman tembakau ini adalah virus yang bernama TMV (Tobacco Mosaic Virus) menyerang daun tembakau dan juga dapat menyerang buah. Gejala yang yang bisa diamati adalah daun menguning.

5). Virus Turnip Yellow Mozaik tanaman lobak.
Virus yang menyerang tanaman ini adalah virus TYMV (Turnip Yellow Mozaik Virus). Penyakit ini menyrang bagian daun tanaman lobak. Tanda yang bisa dilihat adalah lobak menjadi berwarna kuning (menguning).



Demikianlah Artikel Berbagai Hama Bakteri dan Virus Pada Tanaman

Sekianlah artikel Berbagai Hama Bakteri dan Virus Pada Tanaman kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Berbagai Hama Bakteri dan Virus Pada Tanaman dengan alamat link http://www.limco.net/2017/05/berbagai-hama-bakteri-dan-virus-pada.html

0 Response to "Berbagai Hama Bakteri dan Virus Pada Tanaman"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.